REBRANDING ELEKTRO

LUSTRUM 8 DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO

DESKRIPSI KEGIATAN

Rebranding Elektro merupakan salah satu acara dari rangkaian kegiatan Lustrum 8 Teknik Elektro Undip dimana diadakannya sebuah lomba atau sayembara untuk membentuk identitas Departemen Teknik Elektro (DTE) Undip dalam bentuk logo, maskot, dan video profil dalam rangka meningkatkan brand awareness dari DTE Undip itu sendiri.

LATAR BELAKANG

Departemen Teknik Elektro (DTE) Universitas Diponegoro merupakan salah satu penyelenggara program studi Teknik Elektro terbaik di Indonesia. DTE sebagai institusi Pendidikan terus berusaha menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa dan lulusan. Namun, dalam era globalisasi saat ini, persaingan antar universitas semakin ketat. Hal ini menuntut universitas untuk selalu bergerak kreatif dan inovatif agar dapat bersaing dengan universitas lain.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing dan brand awareness adalah melakukan rebranding. Rebranding merupakan proses perubahan identitas visual dan perubahan posisi dari suatu brand. Rebranding dapat dilakukan untuk meningkatkan citra DTE, meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mahasiswa dan alumni, serta meningkatkan daya saing universitas. Mahasiswa dan alumni Teknik Elektro Universitas Diponegoro memiliki peran penting dalam membangun brand awareness.

Oleh karena itu, perlu adanya identitas visual yang unik sebagai bargaining power Teknik Elektro sebagai salah satu program studi elektro terbaik di Indonesia. Identitas visual ini dapat diwujudkan dengan menyelenggarakan lomba Rebranding Elektro dengan tagline “Terbang Tinggi Berpijak Bumi”. Lomba ini akan fokus pada pembuatan 3 (tiga) media branding yaitu video, logo dan mascot. Hal ini akan membantu dalam meningkatkan reputasi dan menarik minat dari industri dan masyarakat untuk berpartisipasi aktif mengembangkan Departemen Teknik Elektro Universitas Diponegoro.

TUJUAN KEGIATAN

  1. Meningkatkan brand awareness bagi mahasiswa dan alumni
  2. Memproduksi media branding (video, logo dan mascot) meliputi visi, misi, kegiatan serta capaian yang telah diraih oleh DTE Undip.
  3. Menghadirkan media branding yang membawa pesan keunggulan yang berdampak pada masyarakat luas serta membangkitkan peran dan konsistensi mahasiswa/alumni dalam membangun sinergi untuk mewujudkan DTE Undip dikenali secara global.

PELAKSANAAN LOMBA

Pelaksanan kegiatan sebagaimana tujuan yang diinginkan di atas adalah:

Tahap Kegiatan

Waktu

Pengumuman Lomba 25 – 31  Januari 2023
Pengiriman Karya   1 Februari – 20 Februari 2023
Presentasi 21 Februari 2023
Pengumuman 22 Februari 2023

SYARAT DAN KETENTUAN UMUM LOMBA

  1. Peserta merupakan mahasiswa aktif atau alumni DTE Undip
  2. Setiap peserta dapat mengirimkan hasil karya yang dibuat secara individu atau dalam kelompok (maksimal 2 orang).
  3. Desain harus original dan tidak melanggar hak cipta pihak lain
  4. Desain dibuat dalam bentuk softcopy dan disimpan dalam Google Drive (GDrive). Link/URL GDrive dikirimkan dengan format Rebranding_Elektro_NamaTim ke alamat email: departemen@elektro.undip.ac.id
  5. Pemenang lomba harus bersedia melakukan perbaikan media branding jika diperlukan oleh DTE Undip.

KETENTUAN KHUSUS UNTUK VIDEO

ALUR CERITA / STORYLINE

Scene

Segmen

Aset Visual

Perkiraan Durasi

1 Opening Video dibuka dengan menampilkan logo DTE Undip dan tagline Terbang Tinggi Berpijak Bumi”.

5 Detik

2 Grand Opening Video menampilkan kegiatan laboratorium Pendidikan dan Riset

20 Detik

3 Segmen 1 Menceritakan visi, misi, tujuan latar belakang DTE

20 Detik

4 Transisi Segmen 1 dan 2 Creative shoot kegiatan riset

5 Detik

5 Segment 2 Menceritakan capaian prestasi yang diraih oleh dosen dan mahasiswa

20 Detik

6 Transisi Segmen 2 dan 3 Creative shoot dari capaian prestasi

5 Detik

7 Segment 3 Testimoni alumni

20 Detik

8 Transisi segmen akhir Creative shoot dari capaian prestasi

5 Detik

9 Penutup Menceritakan harapan dan cita-cita

20 Detik

TOTAL DURASI

120 Detik

 

KETENTUAN KHUSUS UNTUK LOGO DAN MASCOT

  1. Logo/Mascot mencerminkan potensi, mengakomodasi tagline “Terbang Tinggi Berpijak Bumi” sehingga mampu menumbuhkan karakter dan semangat baru dari Teknk Elektro Fakutas Teknik Universitas Diponegoro.
  2. Pilihan simbol/gambar menarik, unik, mudah dikenal, mudah diingat
  3. Bentuk logo/mascot memiliki karakter unik, menunjukkan ciri khas, mengikuti kaidah / prinsip-prinsip desain
  4. Warna logo/mascot memiliki komposisi yang seimbang dan serasi memiliki fleksibitas untuk diaplikasikan keberbagai media.
  5. Muatan filosofi yang kuat dan mendalam yang dipresentasikan kemudian.

KRITERIA PENILAIAN

  1. Kreativitas dan inovasi
  2. Relevansi dengan identitas universitas
  3. Kemudahan dalam dikenali dan diingat
  4. Estetika dan kualitas desain

HADIAH

Hadiah yang akan diberikan kepada pemenang lomba adalah sebagai berikut:

  1. Pemenang pertama: uang tunai sebesar Rp 1.250.000,- dan sertifikat
  2. Pemenang kedua: uang tunai sebesar Rp 500.000,- dan sertifikat
  3. Pemenang ketiga: uang tunai sebesar Rp 250.000,- dan sertifikat

Paket media rebranding yang terpilih akan digunakan sebagai media branding resmi DTE Undip dan akan digunakan dalam semua kegiatan.

KONTAK PERSON

Ayodya Raja Yudha (+62 81270371103)